Berlibur ke Prancis, Jangan Lupa Kunjungi Tempat Ini

Prancis merupakan negara maju yang terkenal dengan sebutan kota mode karena negara ini yang menjadi pusat seni dan gaya busananya atau fashion. Prancis juga terkenal akan keindahan kotanya dan tempat-tempat wisatanya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Banyak turis yang tidak pernah menyesal setelah berkunjung ke perancis dan merasa ketagihan untuk berkunjung ke negara yang  berbatasan langsung dengan Belgia, Luksemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra dan Spanyol ini. 

Jika menyebut tempat indah terkait negara yang berada di Eropa Barat ini, maka yang terbesit dalam pikiran kita ialah Menara Eiffel yang telah bertahun-tahun menjadi salah satu keajaiban dunia dan menjadi destinasi wisata yang sangat populer dan ramai dikunjungi warga dunia. Padahal, masih banyak tempat wisata alami dan buatan yang ada di Perancis dan tidak kalah indah dari Menara Eiffel. Berikut merupakan beberapa tempat wisata di Negara Perancis yang dapat membuat kita melupakan masalah atau beban sementara waktu.

Menara Eiffel

Menara Eiffel merupakan tempat wisata yang sudah terkenal sejak dulu hingga sekarang dan bahkan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Meskipun sudah sangat lama berdiri, menara ini tetap dirawat dengan baik sehingga tetap indah dan menarik untuk turis yang berkunjung dan ingin healing ke negara Perancis. Menara Eiffel sendiri terletak di Champ de Mars di Paris yang hampir akan dirubuhkan. Monumen berbentuk menara besi ini memiliki tinggi 300-324 meter. Pada bagian bawah menara terdapat bunker yang telah disulap menjadi museum dan dapat dikunjungi para wisatawan atau turis. Hal unik lain dari menara eiffel, pada puncaknya terdapat bar yang akan memberi sampanye gratis pada siapapun pengunjung yang berhasil berjalan hingga ke puncak Menara Eiffel.

La Villette

La villette merupakan tempat wisata berupa taman di Ibukota Prancis yang memiliki luas sebesar 55,5 hektar. La villette terkenal akan keindahannya yang memadukan alam dengan arsitektur modern. Taman ini juga memiliki beberapa ruang publik yang sangat tepat untuk dikunjungi saat ingin melepas penat. Terdapat taman bermain luas untuk berjalan-jalan, duduk ataupun sekedar bersantai saja, kemudian terdapat museum, ruang budaya, serta teater yang dapat dikunjungi publik. Tidak lupa juga terdapat kebun asri dan dapat menyegarkan pikiran saat dikunjungi. 

Musee Du Louvre

Musee Du Louvre merupakan museum dengan pengunjung terbanyak di Prancis, sehingga mendapat penghargaan “World’s Most Visited Art Museum”. Museum seni dan kebudayaan ini, Dilansir dari suneducationgroup.com, museum ini memiliki 460.000 objek dan memamerkan lebih dari 38.000 karya dari zaman prasejarah pada area seluas  72,735 meter persegi. Koleksi-koleksi tersebut dibagi menjadi delapan departemen kuratorial yaitu: Egyptian Antiquities; Near Eastern Antiquities; Greek, Etruscan and Roman Antiquities; Islamic Art; Sculpture; Decorative Arts; Paintings; Prints and Drawings. Museum ini juga memiliki sekitar 500 lukisan serta harta-harta kerajaan atau gereja yang disita zaman dahulu. Berbagai seni yang ada di museum ini akan memanjakan para pengunjung museum.

Palais Garnier

Palais Garnier merupakan gedung pertunjukkan opera yang sangat indah dan dapat memanjakan mata dengan arsitektur bangunannya. Gedung ini memiliki desain yang sangat unik. Pada bagian atas gedung, terdapat gantungan lampu yang ukurannya sangat besar dengan berat mencapai 7 ton. Tangga-tangga pada bangunan gedung ini terbuat dari marmer berbagai  warna, seperti marmer putih, hijau, dan merah. Marmer-marmer penyusun tangga inni berasal dari berbagai negara, diantaranya: Jerman, Inggris, dan Italia. Keindahan desain dan arsitektur bangunan ini akhirnya menjadi inspirasi bangunan-bangunan lain karena keindahannya.

Jardin du Luxembourg

Berwisata di Prancis tidak serta merta harus mengeluarkan biaya mahal. Jardin du Luxembourg merupakan salah satu tempat wisata yang murah karena bisa dinikmati kapan saja. Taman ini juga  dapat dinikmati oleh turis setiap musimnya. Keindahan taman ini terletak pada hutan geometris dan kolam besar yang membatasi kebun Prancis dan taman Inggris.

Kemudian, terdapat rumah kaca dengan koleksi bunga anggrek yang sangat menakjubkan serta taman mawar yang dapat menenangkan hati untuk siapapun yang melihatnya. Tidak hanya keindahan, di taman ini terdapat penangkaran lebah yang dapat digunakan untuk  mempelajari bagaimana membudidayakan lebah. Juga, terdapat 106 patung-patung dan berbagai monumental tersebar di taman yang dapat menambah wawasan para pengunjung. Bagi para pengunjung yang juga membawa anak-anak, tidak perlu khawatir karena di taman ini terdapat berbagai fasilitas bermain anak yang menyenangkan.

Notre Dame de Paris

Bangunan ini merupakan katedral yang sangat bersejarah dan menjadi simbol kebanggaan rakyat Prancis selain Menara Eiffel. Katedral yang telah dibangun dan bertahan sejak tahun 1200an ini, terkenal akan arsitekturnya yang megah serta sejarahnya. Hal ini dibuktikan dengan pengunjung yang datang sekitar 13 juta tiap tahunnya untuk sekedar mengunjungi hingga ikut beribadah di katedral.

Pada katedral ini sendiri terdapat menara kembar yang menjulang tinggi. Para pengunjung biasanya akan menaiki menara tersebut dan dapat melihat pemandangan yang indah menakjubkan dari atas. Akan tetapi, menara ini sempat terbakar cukup parah pada tahun 2019 dengan kerusakan yang parah. Presiden Prancis berjanji akan berusaha membangun tempat penuh sejarah ini kembali. 

Champs-Élysées

Selanjutnya terdapat tempat wisata santai yang dapat dinikmati untuk para pengunjung yang hanya ingin sekedar jalan-jalan. belanja, atau selfie serta berfoto ria. Tempat ini merupakan tempat wisata berbentuk jalan yang menghubungkan penghubung Place de la Concorde dan Place Charles de Gaulle (tempat dari Arc de Triomphe). Jalanan dengan panjang sekitar 1,9 km dan lebar 70 meter ini memiliki berbagai kafe yang sangat cocok untuk dijadikan tempat beristirahat sementara setelah berjalan-jalan di Prancis.

Terdapat juga toko-toko merek terkenal terutama toko fashion  yang akan memanjakan mata para pengunjung. Jalanan yang memiliki konsep santai ini biasanya sangat ramai dan dipadati pengunjung dari kalangan anak muda hingga orang tua dan juga wisatawan dari berbagai negara. Saat melakukan perjalanan, para wisatawan juga tidak akan bosan karena dapat melihat berbagai bangunan atau gedung-gedung kuno, beberapa monumen, dan patung-patung Prancis yang menakjubkan.

Musée d’Orsay

Tempat lain yang tidak boleh dan rasanya tidak pas jika liburan ke Paris tidak menyempatkan diri berkunjung adalah Musée d’Orsay yang menjadi salah satu bangunan Prancis yang sangat terkenal. Musée d’Orsay adalah sebuah museum yang dulunya adalah stasiun kereta api lama dan telah disulap dengan penambahan banyak koleksi seni yang luar biasa. Para wisatawan dapat menemukan berbagai karya seni yang tidak terbatas hanya pada lukisan saja, akan tetapi terdapat juga karya pahat berupa patung-patung dan furnitur sebagai koleksi museum ini.

Hal menarik lainnya dari museum ini yaitu arsitekturnya yang tentunya karena bekas stasiun kereta api. Selain itu, pemandangan dari bangunan Musée d’Orsay sangat menakjubkan, ketika pengunjung keluar maka akan mendapatkan pemandangan Sungai Seine dan Sacre Coeur dari jauh. Tempat ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin sekedar berfoto dan pengunjung yang tertarik dengan karya seni. Setelah lelah berkunjung ke museum ini, terdapat restoran di bagian lantai bawah yang dapat dijadikan tempat beristirahat sementara sambil menikmati makanan khas Perancis.

Nah, apakah anda sangat penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Kalau iya, tunggu apalagi, segera kunjungi 8 tempat diatas. Dijamin kamu nggak akan menyesal!!