Kehabisan Uang Saat Berlibur ke Prancis, Kunjungi 5 Acara Gratis Penuh Hiburan Berikut

Prancis tidak hanya terkenal akan tempat wisata ruangannya yang memiliki arsitektur nan indah. Negara yang sering disebut kota mode ini juga memiliki acara-acara luar dan dalam ruangan yang sangat menghibur.  Tak hanya itu, acara-acara yang diselenggarakan biasanya diadakan gratis begitu saja. Sehingga, siapapun bisa mengikuti acara-acara tersebut bahkan pengunjung wisata atau turis yang hanya sekedar lewat saja. 

Acara-acara gratis luar ruangan tersebut biasanya menyesuaikan dengan simbol kebanggaan Negara Prancis yang mengagungkan “budaya untuk semua” dan “seni demi seni”. Paris menyelenggarakan banyak acara tahunan yang bebas, meriah, megah, penuh estetika, memanjakan mata dan telinga, dan selalu imajinatif. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah rekomendasi acara gratis terbaik yang diadakan setiap tahun di Paris.

Paris Music Festival (Fête de la Musique)

Paris music festival merupakan suatu acara yang dapat ditemui pada bulan 21 Juni saat di luar ruangan. Paris music menjadi ajang yang mencerminkan suasana nuansa musik Prancis. Dimana saat acara dimulai, akan banyak musisi dengan berbagai genre musik yang berbeda setiap kali kita melangkah. Ketika anda berjalan di festival musik tersebut, anda dapat memilih konser mana yang akan membuat anda merasa tertarik dan merasa akan tetap ingin  diam di sana.

Nah, untuk anda yang tidak ingin repot-repot dengan berjalan-jalan mencari konser musik, anda dapat memilih konser musik mana yang langsung ingin anda ikuti lewat online. Pada intinya, paris music festival, akan memberikan pengalaman yang sangat indah untuk anda. Terutama bagi para pecinta musik, mengunjungi acara ini akan sangat memanjakan telinga dan memuaskan dahaga akan musik.

Bioskop Paris Terbuka di La Villette

Para penggemar film pasti akan sangat tertarik mendengar hal ini. Acara yang digelar saat musim panas di Paris ini, menyatukan para penikmat film disini. Pecinta film akan dapat merasakan suasana baru saat menonton film layar lebar. Acara ini pada intinya akan memasang layar lebar di sebuah lapangan luas berumput, dimulai saat matahari terbenam hingga  malam hari. Bahkan yang terbaru, acara ini sangat unik kaarena diadakan di kapal atau perahu yang mengapung di sungai-sungai Prancis. Di tempat itu nantinya orang-orang dapat menonton dengan bercengkrama bebas sambil menikmati makanan seperti nuansa berpiknik pada umumnya. 

Hal menarik lainnya bahwa acara yang diadakan ini gratis. Kemudian, film yang diputar sangatlah beragam dari film yang terbaru hingga film-film klasik atau zaman dulu. Film yang diputar biasanya akan menyesuaikan dengan tema yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara. Acara  yang disebut juga cinéma en plein air biasanya akan memutar film-film dalam versi negara mereka yang telah dilengkapi dengan bahasa Inggris ata terjemahan lainnya. Kecuali jika yang diputar film tradisional Prancis yang biasanya tidak memiliki terjemahan.

Paris Plage (Paris Beach)

Paris Plage merupakan wisata luar ruangan yang juga unik dan beda di Perancis. Paris plage merupakan acara dimana beberapa tempat atau lokasi seperti trotoar jalan di Perancis diubah menjadi pantai berpasir penuh. Lokasi-lokasi tersebut biasanya  yang berada di dekat sungai atau kolam renang. Ini untuk mengakomodasi juga orang-orang yang ingin berenang dan bermain olahraga air.Acara yang digagas oleh mantan walikota Perancis yang revolusioner ini, bahkan dapat mengakomodasi orang-orang yang ingin berjemur atau bermalas-malasan di bawah payung.

Payung dan kursi santai biasanya akan disediakan gratis namun anda harus berebutan dengan para peminat lainnya karena yang disediakan terbatas. Acara yang dulu mungkin dianggap mustahil ini nyatanya berjalan setiap Juli hingga Agustus. Paris plage juga terbuka untuk umum dengan biaya yang murah dan dan dapat dikunjungi oleh orang-orang yang duduk di kursi roda atau dengan mobilitas terbatas.Tidak hanya menampilkan hiburan dalam bentuk pantai. Acara ini juga turut menampilkan konser musik yang akan menghidupkan suasana pantai, olahraga-olahraga air, wisata air dengan kapal atau kano, serta wisata air mancur.

Peringatan Hari Bastille

Hari Bastille merupakan peringatan akan hari revolusi di Prancis. Setiap tanggal 14 Juli selalu dirayakan peringatan hari bergantinya kerajaan Prancis menjadi republik. Hari revolusi Prancis tersebut ditandai dengan diserbunya hingga dihancurkannya penjara Bastille pada tahun 1789. Awal mula dari tragedi revolusi Prancis yang diiringi dengan banyaknya perang saudara hingga tumpah darah demi terwujudnya republik Prancis yang bertahan sampai sekarang.

Peringatan hari yang sangat bersejarah di Prancis ini sangat meriah dan akan selalu ditandai dengan penyalaan kembang api. Acara luar biasa yang diadakan meriah ini akan berlangsung tidak hanya saat tanggal 14 Juli tetapi juga tanggal-tanggal setelahnya. Sehingga, jika ingin mengikuti keseluruhan acara ini harus mencari infonya di website resmi penyelenggara acara. 

Acara yang menandakan kemerdekaan Prancis dari korupsi orang-orang kerajaan tidak hanya diisi dengan acara penyalaan kembang api yang nan meriah dan indah untuk dipandang. Acara ini juga akan diisi dengan kegiatan pesta dansa tradisional raksasa warga Prancis. Acara dansa akan memberikan tema yang berbeda. Sehingga, setiap acara dansa yang berbeda para peserta juga harus mengenakan kostum yang berbeda pula.

Kemudian, ada atraksi militer tradisional  yang dapat dinikmati juga oleh para pengunjung acara. Juga acara atraksi unik dan tarian yang dilakukan oleh pemadam kebakaran di Prancis. Pada intinya, acara-acara ini sangat menarik dan tidak akan membuat kita jenuh. Kita justru akan sangat terhibur jika mengikuti rangkaian acara di Hari Bastille ini. Dan yang paling penting tempat wisata ini gratis pastinya

Night de Nuit Blanche

Rekomendasi terakhir adalah acara yang juga cukup unik di Perancis. Acara ini merupakan acara yang sangat direkomendasikan untuk para pecinta seni apapun. The Artists Of The Night: Nuit Blanche atau yang juga dapat disebut Night de Nuit Blanche digelar pada awal Oktober, dimulai dari sabtu minggu pertama bulan Oktober. Nuit blanche pada dasarnya merupakan acara yang memamerkan semua jenis seni pada beberapa hari, saat malam, di bulan awal oktober. Acara ini akan mengajak masyarakat atau pengunjung untuk melihat dan mengenal kembali kebanggan seni kota Prancis. Night de Nuit merupakan perwujudan cita-cita agar rakyat melihat kembali cahaya dan dasar kota Perancis. 

Galeri galeri berisi pameran lukisan, boneka, patung, karya pahat, hingga keramik. Kemudian ada konser musik panggung hingga jalanan, monumen-monumen bersejarah, teater pentas atau komedi, perpustakaan nasional serta swasta, bioskop, hingga lantai-lantai tinggi hotel untuk melihat pemandangan, semua dibuka untuk mengambil alih kota Prancis dengan seni. Semua hal tersebut merupakan beberapa jenis seni yang ditampilkan hari tersebut. Night de Nuit Blanche sendiri diadakan gratis untuk semua pengunjung. Jalan-jalan akan dialihkan untuk pejalan kaki terkhusus pada malam hari. Hal ini dilakukan agar seni dapat dinikmati dengan baik. Hanya bus yang tersedia untuk pengunjung berpindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Nah itulah, 5 wisata Prancis yang gratis dan lebih banyak dilakukan di luar ruangan. Saat berlibur ke Negara ini, jangan sampai anda menyesal karena melewatkan berbagai aktivitas yang sangat menghibur ini!!